September 27, 2022

Redaksi Sulawesi

Sumber Berita Terpercaya

Pemda Konkep Gelar Vaksinasi Usia Dini, Target 70 persen

Vaksinasi Usia Dini

Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Kepulauan (Konkep) makin serius memberi vaksinasi warganya untuk mencegah penyebaran COVID-19. Kali ini yang mendapat vaksin adalah anak berusia 6-11 tahun.

Wakil Bupati Konkep, Andi Muhammad Lutfi menerangkan, pihaknya merupakan salah satu dari empat kabupaten di Sultra dan 224 daerah se-Indonesia yang dipercayakan oleh Kementerian Kesehatan untuk melakukan vaksinasi terhadap anak berusia 6-11 tahun atau masih Sekolah Dasar (SD).

Menariknya kata Andi Lutfi, saat ini seharusnya masih tahap sosialisasi terhadap adanya vaksinasi usia dini. Rupanya kata dia, para siswa SD sangat antusias dan langsung berpartisipasi untuk melakukan vaksinasi tahap satu.

Pihak Pemda kata Andi Lutfi, menargetkan 4.169 siswa dari 51 sekolah dasar yang ada di Konkep bisa tervaksinasi. Minimal dapat tercapai 70 persen sebagai standar nasional.

“Karena antusiasnya bagus sekali, jadi kita hrus siapkan dokter dan tim vaksinatornya untuk mendukung program ini,” papar Wabup dua periode itu melalui via seluler, Kamis (6/1/2022).

“Jujur, ini di luar ekspektasi saya waktu kita ke sekolah tadi,” sambungnya.

Meski sempat menjadi kabupaten terendah yang melakukan vaksinasi pada September 2021 lalu, namun di penghujung tahun, Konkep menjadi daerah yang mencapai target nasional dengan tingkat vaksinasi 73,89 persen.

Bergerak cepatnya Pemkab Konkep bukan sekedar mengejar target vaksinasi, namun lebih jauh, yakni untuk memenuhi tingkat kekebalan tubuh masyarakat terhadap COVID-19, khususnya para siswa.

“Karena jangan sampai orang tuanya sudah divaksin, justru anaknya yang terjangkit. Makanya kita bergerak cepat,” ucapnya.

Dirinya juga berterimakasih kepada seluruh unsur pemerintahan beserta TNI/Polri yang menjadi motor penggerak dalam menyukseskan program vaksinasi.

Bahkan kata dia, Waka Polres Kendari, Kompol Muhammad Alwi sudah hampir seminggu berada di Konkep untuk terus mengawal lancarnya vaksinasi warga.

“Kita juga sangat berterimakasih pada pihak TNI/Polri, terlebih Pak Waka Polres yang sudah 6 hari berada di sini (Konkep). Bisa dibilang berkantor di sini,” ujarnya. 

Sumber: Telisik.id