Redaksi Sulawesi

Sumber Berita Terpercaya

Kawasan Industri Nikel Jadi Roda Penggerak Ekonomi Masyarakat Konawe

Fasilitas pertambangan bijih nikel di Konawe, Sulawesi Tenggara yakni Kawasan PT Gema Kreasi Perdana, masih terus berjalan.

Kawasan industri ini diakui masyarakat sekitar memberi dampak ekonomi yang signifikan bagi Desa Roko-Roko, Wawonii Tenggara, Konawe Kepulauan.

Saat ini, banyak ditemui usaha kecil-menengah yang dijalankan oleh warga sekitar pabrik seperti warung makan, laundry, dan juga kos-kosan.

Berdasarkan penuturan warga setempat yang membuka usaha warung, omset warung makan bergantung pada para pekerja pabrik yang diantaranya diisi para pekerja lokal dan pekerja asing.

Selain itu, di desa ini juga banyak anak-anak muda yang tadinya pengangguran juga terserap menjadi tenaga kerja di kawasan tambang.

Semakin banyak masyarakat sekitar yang direkrut sebagai karyawan. Hal ini merupakan dampak yang sangat positif, karena kehadiran industri tersebut membuka lapangan kerja kepada masyarakat yang sebelumnya bekerja tidak menentu.

Masyarakat juga menyampaikan bahwa banyak manfaat yang dirasakan langsung oleh warga, salah satunya adalah pembangunan jalan desa yang sekarang sudah dicor beton, sehingga akses jalan warga jadi semakin baik.

Penyerapan tenaga kerja lokal di oleh PT GKP dianggap cukup besar, walaupun saat ini perusahaan sedang berhenti sementara. Hal itu menandakan pemberdayaan masyarakat setempat berjalan. Pihak perusahaan juga masih terus membuka lowongan kerja.

Hal diatas yang diterapkan oleh PT Gema Kreasi Perdana, diharapkan dapat bekerja secara efektif untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan juga Indonesia secara skala global.

Sumber: Suara.com