February 27, 2024

Redaksi Sulawesi

Sumber Berita Terpercaya

PT GKP Menghadirkan Program “ Desa Terang” Terhadap Warga Lingkar Tambang

Desa Terang dari PT GKP

Meski belum melakukan eksplorasi, namun PT. Gema Kreasi Perdana (GKP) telah banyak memberikan manfaat kepada masyarakat lingkar tambang melalui program Coorporate Social Responsibility (CSR), salah satunya melalui program “Desa Terang”.

Desa Terang” yang digagas PT. GKP ini dinilai sangat membantu masyarakat lingkar tambang, untuk mendapatkan penerangan maksimal. Hal itu diungkapkan sejumlah masyarakat di tujuh desa, yang kini menikmati fasilitas penerangan tersebut.

Untuk “Desa terang” program ini merupakan salah satu program unggulan PT Gema sebab di harapkan nantinya dapat memicu pertumbuhan ekonomi warga desa lingkar tambang. Pasokan listriknya di tunjang oleh dua mesin genzet yang berkafasitas 100 KVA serta 300 KVA dimana Mesin genzet kavasitas 100 KVA melayani desa nambo jaya dan sainoa indah dengan suplai bahan bakar dikisaran70 liter per 12 jam

Sementara mesin genzet lainya kavasitas 300 KVA yang di jaga enam oprator ini melayani 5 desa yakni Desa Teporoko, Bahana, Desa Roko-roko, Desa Dompo-dompo Jaya, serta desa Sukarela jaya dengan penggunaan bahan bakar 200 liter per 12 jam di mulai pukul 18:00 hingga pukul 6 pagi.

Samiun (53), tokoh masyarakat Desa Nambo Jaya mengungkapkan, sebelum PT. GKP memberikan bantuan penerangan tersebut, warga desa setempat menikmati penerangan dari listrik desa, yang merupakan bantuan dari mantan pelaksana tugas (Plt) Bupati Konkep, Nur Sinapoy.

“Saat pak Nur Sinapoy maju di Pilkada Konkep waktu itu, beliau memberikan kami bantuan berupa mesin genset. Itupun hanya menyala dari pukul 16.00 sampai 22.00 Wita. Sekarang, berkat bantuan PT. GKP, penerangan kami sudah menyala dari pukul 16.00 sampai 06.00 Wita,” jelas Samiun.

Selain itu, lanjutnya, pada masa listrik desa bantuan mantan Plt. Bupati Konkep digunakan, warga hanya bisa menggunakan lampu dan menonton TV, sedangkan beban listrik alat elektronik lainnya tak mampu.

“Kalau sekarang, Alhamdulilah kami sudah bisa menonton program TV favorit. Apalagi, kalau Fildan yang sedang menyanyi. Begitu pula kulkas dan alat elektronik lainnya juga sudah bisa kami beli, karena bisa digunakan dengan adanya genset bantuan dari PT. GKP,” kata Samiun.

Dirinya berharap, seiring dengan kehadiran PT. GKP dengan dinamika yang ada di masyarakat, kapasitas mesinnya bisa ditambah lagi sehingga operasionalnya meningkat menjadi 24 jam.

“Yah, jika listrik PLN belum juga mengaliri desa kami ini, kami berharap PT. GKP bisa meningkatkan kapasitas mesinnya, sehingga bisa menyala siang malam. Saya rasa, perusahaan ini sudah banyak memberikan manfaat kepada warga, maka tidak ada alasan bagi kami untuk menolak kehadirannya, harus kita dukung terus eksistensi perusahaan ini,” ujarnya

Selain desa terang, begitu banyak program CSR perusahaan yang telah dirasakan manfaatnya oleh warga lingkar tambang. pembangunan 2 tower base tranciever station (BTS) untuk kebutuhan internet pelatihan kursus komputer geratis yang saat ini telah melahirkan ratusan orang alumninya serta lain sebagainya

Wargapun mengapresiasi atas program “Desa terang” yang di gagas oleh PT GKP ini

Diketahui sebelumnya masyarakat hanya bisa menikmati pasokan listrik selama 4 jam lamanya namun dengan hadirnya PT Gema Kreasi perdana, saat ini mereka bisa merasakan pasokan listrik geratis hingga 12 jam lamanya

Tidak hanya sampai disitu anak perusahaan Harita Grub ini juga telah beberapa kali melakukan kegiatan sosial seperti penyuluhan kesehatan tentang pentingnya kesehatan gigi dan mulut bagi anak SD yang melibatkan puskesmas setempat serta kegiatan kegiatan sosial lainya yang bersentuhan langsung dengan warga masyarakat di sana