February 27, 2024

Redaksi Sulawesi

Sumber Berita Terpercaya

Cara Perusahaan Tambang Memajukan Desa Melalui CSR

Perusahaan tambang seringkali dipandang sebagai sesuatu yang merugikan bagi lingkungan dan masyarakat. Namun pada kenyataannya, banyak perusahaan tambang yang justru membantu perkembangan sebuah desa, baik dari segi ekonomi maupun penyerapan tenaga kerja.

Sebagai bukti kepedulian terhadap masyarakat lingkar tambang, melalui program “Desa Terang” perusahaan Gema Kreasi Perdana sukses menerangi ratusan rumah warga di lingkar tambang.

Kendati diketahui belum melakukan eksplorasi, namun PT. Gema Kreasi Perdana telah banyak memberikan manfaat kepada masyarakat lingkar tambang melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), salah satunya “Desa Terang”.

Bagi warga masyarakat setempat yang merasakan langsung program Corporate Social Responsibility (CSR) hadirnya perusahaan Gema Kreasi Perdana dinilai memiliki tujuan yang sangat mulia salah satunya “Desa terang” yang saat ini dinikmati oleh ratusan warga

Selain desa terang, bentuk perhatian lain perusahaan, yakni membangun 2 tower base transceiver station (BTS) hal ini, guna menunjang akses internet warga setempat serta pelatihan kursus komputer gratis yang saat ini telah melahirkan ratusan orang alumninya.

Seperti diketahui, aliran listrik gratis yang saat ini digunakan warga di tunjang dua mesin genset yang berkapasitas 100 KVA dan 300 KVA

Untuk Mesin genset kapasitas 100 KVA melayani desa nambo jaya dan sainoa indah dengan suplai bahan bakar di kisaran 70 liter per 12 jam

Sementara itu mesin genset lainya kapasitas 300 KVA yang dijaga enam operator melayani 5 desa yakni Desa Teporoko, Bahana, Desa Roko-roko, Desa Dompo-dompo Jaya, serta desa Sukarela jaya dengan penggunaan bahan bakar 200 liter per 12 jam di mulai pukul 18:00 hingga pukul 6 pagi.

Sejumlah warga yang ditemui, sangat mengapresiasi program Desa terang yang di gagas oleh PT GKP menurut mereka, ini merupakan bentuk perhatian khusus dari perusahaan terhadap warga lingkar tambang.

Sebelumnya kami hanya bisa menikmati pasokan listrik selama 4 jam namun dengan hadirnya perusahaan, saat ini pasokan naik hingga 12 jam lamanya artinya ada kepuasan tersendiri,” kata salah satu warga nambo jaya bahkan dia pun berharap kedepannya semoga perusahaan bisa memasok listrik hingga 24 jam lamanya.

Sumber: TeropongSultra