Redaksi Sulawesi

Sumber Berita Terpercaya

Apa Peran Industri Pertambangan Bagi Kemakmuran Indonesia?

Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam dan sumber daya manusia. Harta pusaka ini tersebar di seluruh pelosok negara Indonesia. Kekayaan yang paling menjanjikan untuk dikelola dari seluruh kekayaan alam yang tersedia adalah yang berasal dari dalam bumi. Pertambangan Indonesia memberikan nilai jual produk yang begitu bernilai dengan sokongan banyak tenaga kerja dan sektor pendukung.

Indonesia kaya akan wilayah tambang yang meliputi: tambang pasir di kepulauan Bangka Belitung, tambang minyak dan gas alam, tambang nikel di Pulau Obi, tambang emas di Papua, tambang batu, tambang aspal, dan tambang mineral lainnya yang menjadikan tambang salah satu sumber daya alam yang utama di Indonesia. 

Dibawah ini telah kami rangkum berbagai peran penting pertambangan bagi kemakmuran Indonesia.

Menyediakan lapangan pekerjaan.

Proses awal sampai akhir pertambangan menyerap begitu banyak tenaga kerja dengan berbagai kualifikasi kemampuan, dari yang tertinggi hingga yang terendah dalam setiap prosesnya. Suatu kegiatan pertambangan membutuhkan begitu banyak tenaga terlibat di lapangan dan melibatkan berbagai keahlian yang terkait. Untuk setiap kegiatan yang dibutuhkan, dibutuhkan ahli-ahli di setiap bidangnya. 

Pada pabrik-pabrik yang sudah berjalan, perlu diperkuat keterlibatan tenaga-tenaga lokal.

Seperti apa yang dilakukan oleh PT Gema Kreasi Perdana di Pulau Wawonii yang dianggap sebagai solusi perkembangan perekonomian masyarakat setempat.

Penyerapan tenaga kerja lokal di oleh PT GKP dianggap cukup besar, walaupun saat ini perusahaan sedang berhenti sementara. Hal itu menandakan pemberdayaan masyarakat setempat berjalan. Pihak perusahaan juga masih terus membuka lowongan kerja.

Menambah pendapatan daerah dan negara.

Industri pertambangan Indonesia meliputi 17 materi yang mencangkup batubara, emas, bijih besi, aspal, timah, hingga nikel. Hampir setiap tataran di kehidupan bangsa ini dipengaruhi sektor pertambangan dan industri turunannya, tidak sedikit daerah yang perekonomiannya tumbuh dan ditunjang sektor pertambangan. Provinsi Sulawesi Tenggara dan Maluku Utara, misalnya yang merupakan penyumbang nikel cukup besar di Indonesia. 

Memajukan bidang transportasi dan komunikasi di Indonesia.

Dengan adanya aktivitas pertambangan, jalur transportasi di berbagai daerah akan semakin terbuka dan dapat diakses oleh masyarakat dengan lebih mudah. Berbagai menara pemancar komunikasi akan dibangun yang tidak hanya memberi manfaat kepada perusahaan pertambangan tapi juga masyarakat sekitar. 

Memotong biaya impor untuk hasil tambang dari luar negeri.

Aktivitas pertambangan di Indonesia memungkinkan rakyatnya untuk menikmati bahan dan barang sehari-hari yang di produksi di negara sendiri. Pertambangan menyeimbangkan persentase ekspor dan impor barang di Indonesia. 

Beberapa hal diatas yang diterapkan oleh PT Gema Kreasi Perdana, diharapkan dapat bekerja secara efektif untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan juga Indonesia secara skala global.

Sumber: Dunia Tambang